Menghimpun Lalu Mengabarkan Untuk Bone yang Lebih Baik

Rabu, 18 Januari 2012

Pembentukan Bone Selatan Rawan Memicu Konflik

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan dan Barat Irjen Johny Wainal Usman memberikan peringatan bahwa pembentukan Kabupaten Bone Selatan dan Provinsi Luwu Raya yang bakal direalisasikan 2012 rawan terjadinya konflik

“Pembentukan Luwu Raya dan Bone Selatan sangat rawan memicu konflik yang berkepanjangan,” tegas Johny seperti dilansir di triubn-timur.com.

Menurutnya, pemekaran dua daerah yang terluas  di antara kabupaten lainnya akan memunculkan pro dan kontra anatara warga yang memiliki kepentingan di dalamnya.

“Ini dapat berimplikasi akan terjadinya gangguan keamanan di daerah, jadi hal tersebut akan menjadi prioritas kepolisian kedepan untuk menjaga agar dua daerah tersebut tetap aman,” tandas mantan Dansat Brimob Polda Papua ini.

Dia mengatakan, selain pemekaran yang rawan akan timbulnya konflik horizontal, Johny juga mengantisipasi sejumlah daerah yang dalam waktu dekat akan melangsungkan pemilihan kepala daerah (pilkada) termasuk di Kabupaten Takalar.

Hal ini berpatokan pada pilkada sebelumnya yang dihelat di Kabupaten Gowa dan Soppeng yang berujung kekacauan keamanan bahkan terjadinya bentrokan antar warga.

“Polisi sudah trauma dengan kejadian di Kabupaten Soppeng dan Gowa yang berujung konflik, lantaran dipicu terjadinya kecurangan antar para kandidat,”ujarnya.

================================

Berita Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar


NASIONAL

NEWS


PEMILUKADA

OTONOMI DAERAH

SOSBUD


PILGUB

BONE NEWS

BIROKRASI

OPINI


LAW END CRIME