Menghimpun Lalu Mengabarkan Untuk Bone yang Lebih Baik

Senin, 02 April 2012

Foto Irsan Galigo di Soal Try Out UN SMA

Ada yang berbeda dengan try out akbar kali ini. Lembaran try out di Kabupaten Bone, tak hanya memuat soal-soal tapi juga gambar bakal calon  Bupati Bone Arsan Idris Galigo.

Ini ditemukan saat media meliput pelaksanaa try out akbar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)  dan Madrasah Aliyah (MA) se Kabupaten Bone, yang digelar secara serentak di sejumlah sekolah di daerah ini, Minggu, 1 April. Lembaran soal itu pun menuai sorotan.  Pasalnya, pelaksanaan try out itu dinilai sarat bermuatan politis.

Salah satu pengawas try out itu, A  Akbar menyayangkan  halaman sampul pada lembaran soal try out  tersebut,  yang bergambar putra Bupati Bone, HAM Idris Galigo.  Menurut A Akbar, seperti dilansir di fajar.co.id, try out adalah  kegiatan untuk menguji kemampuan siswa sebelum pelaksanaan  Ujian Nasional (UN). Dia pun mempertanyakan pemasangan salah satu bakal calon Bupati Bone pada halaman sampul lembaran soal try out.

"Seharusnya penempatan gambar salah satu bakal calon Bupati Bone itu, tidak pantas ditempatkan di halaman sampul pada lembaran soal pada try out yang digelar secara serentak di sekolah-sekolah yang ada di daerah ini,"kata dia, Minggu 1 April. Bahkan, guru Biologi  SMA II Watampone ini, berpendapat, seharusnya kegiatan bernuansa pendidikan tersebut dijauhkan dari kegiatan-kegiatan politik.

Hal senada diungkapkan, Wakil Ketua Komisi IV DPRD  Bone, A  Darwis Massalinri. Bahkan dia  mengecam tindakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, yang dinilai sangat bertanggung jawab terhadap kegiatan try out tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut, sarat dengan muatan politis.

A Darwis bahkan mempertanyakan atas dasar apa, sehingga halaman sampul pada selembaran soal try out itu terpasang gambar salah satu bakal calon Bupati Bone pada pemilukada mendatang.

“Kalau kegiatannya seperti itu, itu tidak dibenarkan. Bahkan sangat dipolitisir, "kata dia. Tak hanya itu, A  Darwis  bahkan berjanji akan memanggil pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, untuk menjelaskan secara rinci adanya, gambar salah satu bakal calon bupati Bone tersebut.

Menanggapi sorotan itu, Kepala Bidang SMA dan MA, Dinas Pendidikan Kabupaten Bone,  Nursalam mengatakan, pemasangan gambar salah satu bakal calon Bupati Bone pada halaman sampul lembaran soal try out itu, karena yang melaksanakan kegiatan itu, yaitu Forum Komunikasi Pemuda Bone (FKPB). "Pembina dari FKPB itu adalah  A Irsan Idris Galigo,  dan  dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Pemuda Bone,"kata dia.

Ketua FKPB Sapriadi mengatakan, kegiatan try out yang digelar FKPB tersebut semata-mata untuk membantu siswa menghadapi UN. "Apalagi siswa SMA tidak memiliki dana khusus untuk try out. Sehingga, Andi Irsan membantu. Pemasangan gambar itu karena Andi Irsan merupakan pembina FKPB," ungkap Sapriadi

Berita Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar


NASIONAL

NEWS


PEMILUKADA

OTONOMI DAERAH

SOSBUD


PILGUB

BONE NEWS

BIROKRASI

OPINI


LAW END CRIME