Menghimpun Lalu Mengabarkan Untuk Bone yang Lebih Baik

Senin, 16 Januari 2012

Kades, Lurah dan Camat |Bone Ke Bali

Sebanyak 328 Kepala Desa serta 44 Lurah dan 27 Camat dijadwalkan akan diberangkatkan ke Provinsi Bali besok, Selasa (17/1/2012). Keberangkatan aparatur pemerintahan ini merupakan rangkaian dari bimbingan teknis yang sebelumnya telah digelar di Kabupaten Bone.

Kepala Sub Bagian Perangkat dan Administrasi Desa Irwan, Senin (16/1/2012) seperti dilansir tibun-timur.com menjelaskan, perseta bimtek akan diberangkatkan bersama ke Provinsi Bali. Orientasi lapangan dilakukan di Kabupaten Badung, Kabupaten yang memperoleh juara nasional dalam hal pengelolahan pemerintahan tingkat desa yang ditunjang dengan adat. Orientasi efektifnya dilakukan selama dua hari.
"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa," terang Irwan.
Asisten I Pemkab Bone H Mustamar Aras selaku ketua rombongan juga menyebutkan, Kabupaten Badung memiliki dua pola pemerintahan desa yakni pemerintahan adat dan pemerintahan nasional. Sehingga kegiatan nantinya diharap dapat menunjukkan penerepan pemerintahan adat dalam mendukung pemerintahan nasional.

" Bone juga merupakan Kota Adat namun hingga kini belum ada legalitasinya hanya sekedar pelaksanaan saja. Itupun hanya budaya yang sesuai dengan agama dan tidak bertentangan dengan pemerintahan, " ungkap Mustamar.

Ia juga menambahkan, pemberangkatan juga dilakukan secara serentak pasalnya, Pemerintah Kabupaten Badung hanya dapat menerima kunjungan bimtek hingga tanggal 19 untuk bulan Januari. Karena warga Provinsi Bali sebentar lagi akan merayakan perayaan keagamaan dan adat. Sebagian perserta diberangkatkan langsung ke tujuan adapula yang hanya sampai di Bandara Surabaya dan melanjutkan perjalanan melalui darat.

Adapun roda pemerintahan yang ditinggal menurut Mustamara, akan dilanjutkan sementara oleh struktur yang ada pada pemerintahan masing-masing. Sehingga roda pemerintahan tetap berjalan seperti semula. Ia juga mengatakan usai mengikuti kegiatan, pihak Pemkab Bone akan membuat evaluasi untuk melahirkan rekomendasi untuk meningkatkan pola pemerintahan pada jajaran Kecamatan, Keluarahan dan Desa

Berita Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar


NASIONAL

NEWS


PEMILUKADA

OTONOMI DAERAH

SOSBUD


PILGUB

BONE NEWS

BIROKRASI

OPINI


LAW END CRIME