Menghimpun Lalu Mengabarkan Untuk Bone yang Lebih Baik

Senin, 14 November 2011

Situs Kerajaan Cina Kuno di Temukan di Bone

Jejak-jejak sejarah yang menakjubkan diwilayah Indonesia ditemukan di kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Sebuah situs sebuah kerajaan cina kuno berupa benteng bekas kerajaan serta pusara-pusara yang unik dan bertuliskan hurup cina kuno ditemukan. Sayangnya, situs ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat hingga tidak terurus.


Situs kerajaan cina kuno ini di temukan di beberapa titik seperti Desa Waollangu dan Desa Cingkang Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Situs berupa batu bekas tembok kerajaan serta beberapa pusara kuno yang diperkirakan berasal dari budaya cina kuno.

Tak hanya itu, salah satu nisan yang paling besar memaparkan tulisan cina kuno serta lambang yin dan yang yang telah lapuk dimakan lumut namun untungnya tetap masih bisa dilihat.
Sementara beberapa situs yang terdapat di desa cingkang berupa pusara kuno yang tak diketahui pemiliknya. Setiap nisan memiliki karakter symbol berbentuk ayam jago dan masing-masing mempunyai 4 buah nisan pada satu kuburan. Pada umumnya makam seperti ini memang banyak ditemukan pada situs cina kuno.

Ironisnya, situs yang tak ternilai ini hanya dibiarkan dan tidak terawat. Pengawasan yang minim itulah yang mengakibatkan benda-benda antik yang berharga seperti keramik porselin dan aksesoris lainnya lenyap dijarah oleh tangan-tangan jahil.

Berita Terkait :

2 komentar:

Anonim mengatakan...

semestinya ada gambar nich....?!!

Anonim mengatakan...

TUUUUUUUUUUUUUU..........
lihatmi toch pemerintah kita enggan belajar dari sejarah. kita memang krisis budayami sampe yang begitu2 tidak maumeki urusi. na itu aset negara cikali'.
wahai kamu muda, bangkitlah, lestarikan, dan pelajari sejarahmu.
hanya bangsa yang besarlah yang mampu menghargai dan melestarikan sejarah-sejarah mereka.

Posting Komentar

NASIONAL

PEMILUKADA

OTONOMI DAERAH

SOSBUD

PILGUB

BONE NEWS

BIROKRASI

OPINI

LAW END CRIME