Menghimpun Lalu Mengabarkan Untuk Bone yang Lebih Baik

Jumat, 26 Maret 2010

Daerah Pemekaran Harus Tetap Pakai Nama Bone

Fajar-- Kabupaten Bone, baik di selatan, barat, dan utara jika ingin memekarkan diri harus tetap menggunakan nama Bone. "Bagaimanapun, kita tetap orang Bone," ujar Ketua DPRD Bone, Ambo Dalle saat menerima aspirasi dan surat keputusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bagian barat Bone di ruang aspirasi DPRD Bone, Kamis 25 Maret.

DPRD lanjutnya, hanya berwenang mengeluarkan rekomendasi persetujuan pemekaran, tidak lebih. "Untuk mendapatkan rekomendasi persetujuan pemekaran DPRD sebenarnya cukup mudah. Syaratnya hanya membawa tanda tangan persetujuan 2/3 Badan Permusyawaratan Desa. Namun dalam mendapatkan persetujuan tersebut jangan sampai ada unsur tekanan," tambahnya......

Sebenarnya deklarasi pemekaran Bone Barat telah didengunkan sejak 2003 lalu. Namun masih banyak berkas yang harus dilengkapi. Karena itu rekomendasi persetujuan pembentukan Bone Barat belum kelar. "Setelah kami menerima berkasnya, selanjutnya diserahkan ke pansus (panitia khusus) untuk diteliti, apakah syarat yang dibutuhkan sudah lengkap atau belum," tandasnya.

Di pihak lain, Ketua Presidium Pembentukan Bone Barat, Hamid Paddu mengaku tidak menduga kalau akan diterima baik di DPRD. Karena itu, dia mengaku sangat mengapresiasi sambutan DPRD yang dianggapnya ramah tersebut. "Masyarakat Bone Barat sempat marah pada saya karena permohonan pembentukan belum diserahkan ke dewan," ungkapnya.

Menurut Hamid, permohonan pembentukan Bone Barat harus melalui persetujuan masyarakat bukan karena kepentingan pribadi atau politik. "Saya tidak mau antar berkas itu jika bukan kemauan masyarakat. Dalam berkas, ada 85 persen BPD sudah bertanda tangan," jelasnya.

Sesuai rencana, ada enam kecamatan yang bakal bergabung ke Bone Barat. Kecamatan dimaksud masing-masing Bengo, Lappariaja (Lapri), Lamuru, Tellu Limpoe, Ponre Barat, dan Libureng Barat. (far)

Berita Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

NASIONAL

PEMILUKADA

OTONOMI DAERAH

SOSBUD

PILGUB

BONE NEWS

BIROKRASI

OPINI

LAW END CRIME