Menghimpun Lalu Mengabarkan Untuk Bone yang Lebih Baik

Rabu, 22 Februari 2012

Antara Jembatan Layang atau Perluasan Terowongan Sumpalabbu

Pemerintah Provinsi Sulawasi Selatan telah menyiapkan desain pembangunan jalan poros Maros-Bone yakni antara pembuatan jembatan layang atau perluasan terowongan Sumpallabbu. 
Bahkan Pemprov telah mempersiapkan dana sebesar Rp 3 triliun untuk pembangunan jalan antar kabupaten tersebut. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Numang saat menghadiri acara silaturrahmi antar pengusaha di Kabupaten Bone, Selasa (22/2/2012) siang.

"Kami telah menghitung perkiraan sementara anggaran yang akan digunakan mencapai Rp 3 triliun dengan desain yang telah kami siapkan," jelas Agus.

Menurut Agus, pembangunan jalan poros ini sangat penting. Pasalnya, jalur Maros-Bone merupakan jalur ekonomi Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tenggara.
Ia menambahkan, bahwa desain yang telah disiapkan akan mempermudah pengendara melintasi wilayah Maros. Pasalnya, jalan poros Maros-Bone sangat sempit dan terlalu banyak tikungan sehingga rawan macet.
Namun, pihaknya masih membahas beberapa opsi pembangunan jalan tersebut. Karena struktur jalan tersebut masih wilayah pegunungan.

Apalagi pada jalan poros Maros-Bone terdapat situs sejarah di Dusun Sumpalabu, Desa Liliriawang, Kecamatan Bengo, berupa gunung yang di bawahnya terdapat terowongan untuk dilalui kendaraan tujuan Bone.

Sehingga opsi pertama yang telah disepakati yaitu membangun jembatan layang atau memperluas terowongan dengan mengikis terowongan tanpa merusak situs sejarahnya.
Adapun mekanismenya tetap ditangani oleh Dinas pekerjaan umum sendiri.

"Namun, pembangunan jembatan tersebut lebih besar anggarannya dari pada pelebaran jalan. Sehingga kemungkinan pelebaran lubang (terowongan) yang akan ditempuh nantinya, " ungkap Agus.
Ia juga menambahkan, Jalan altertatif tersebut belum bisa terealisasi karena pagu anggarannya belum didapatkan. Karena jalur poros Maros-pare-pare juga belum selesai karena terkendala sejumlah faktor.

Berita Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar


NASIONAL

NEWS


PEMILUKADA

OTONOMI DAERAH

SOSBUD


PILGUB

BONE NEWS

BIROKRASI

OPINI


LAW END CRIME