Menghimpun Lalu Mengabarkan Untuk Bone yang Lebih Baik

Jumat, 19 Agustus 2011

Raja Walenreng III di Kukuhkan

Keluarga Besar Petta Walenreng dan masyarakat Walenreng Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, mengukuhkan Andi Bulan Kenkeng sebagai Raja Walenreng III

Pengukuhan digelar sesuai ritual adat Walenreng dan dihadiri anak cucu Petta Walenreng. Selain itu sejumlah mahasiswa kedokteran dari Unhas juga hadir. Sebanyak 30 mahasiswa asal Malaysia juga menyaksikan gelar kebangsawanan ini.

Pembacaan silsilah Petta Walenrang dilakukan tokoh adat Walenreng, Andi Sakaria Petta Toba, yang juga mantan kepala desa setempat.

Andi Bulan merupakan cucu langsung dari Andi Marujungi Petta Walenreng yang merupakan salah satu raja yang ada dalam lingkup kerajaan Bone. Sepeninggal Raja pertama tersebut kemudian digantikan oleh Andi Mappa Petta Tunru sekaligus Raja ke II Walenreng. Kerajaan Walenreng dulu meliputi Sibule, Mare Cina dan sekitarnya.

Dalam kata pengantarnya, Andi Bulan yang kini menyandang gelar Petta Walenreng Ke-III menyatakan pengukuhan tersebut tidak untuk membangkitkan semangat feodalisme seperti di jaman kerajaan tetapi semata-mata hanya untuk menjaga nama baik, budaya serta sejarah Kerajaan Walenreng agar tidak punah termakan waktu.

Andi Bulan selama ini dikenal sebagai tokoh perempuan Sul-Sel yang juga mantan Ketua Perempuan PDK Sulsel, beliau merupakan saudara dari Andi Mallarangeng, mantan Walikota Pare-Pare, orang tua dari Andi Alifian Mallarangeng yang saat ini menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Rizal/Celly Mallarangeng, Andi Choel dan Andi Nina Mallarengeng

Berita Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

NASIONAL

PEMILUKADA

OTONOMI DAERAH

SOSBUD

PILGUB

BONE NEWS

BIROKRASI

OPINI

LAW END CRIME